Sabtu, 12 Januari 2013

BAB VI PEMASARAN



Pemasaran
1.      Pengertian Pasar dan Pemasaran
·         Pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
·   Pengertian Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Sumber:htt://id.pikiwedia.org/wiki/pemasaran
2.      JENIS JENIS PASAR
·         Dilihat dari segi fisik pasar dapat digolonkan yaitu:
a. Pasar nyata yaitu merupakan pasar yang pembeli dan penjualnya bertemu secara pada suatu tempat tertentu
b. Pasar abstrak yaitu pasar yang tidak harus bertemu di suatu tenpat seperti pasar nyata. Tetapi dapat bertemu ditempat yang sudah di sepakati
·         Dilihat dari segi barang yang di jual belikan
a. Pasar barang konsumen yaitu barang yang dapat lang sung di gunakan memenuhi kebutuhan manusia.
b. Pasar faktor produksi yaitu pasar yang memperjual belikan barang yang mempermudah untuk kelancaran produksi contohnya pasar tenaga kerja
·         Dilihat dari segi luas kegiatan distribusi
a. Pasar local yaitu pasar yang pemasaranya terbatas hanya di daerah tersebut,maka penjual dan pembeli terbatas pada orang orang tersebut.contohnya pasar geplak di daerah bantul.
b. Pasar nasional yaitu passer yang pemasarannya meliputi sluruh daerah dalam suatu Negara.
c. Pasar internasional yaitu pasar yang jangkauanya melebihi satu negara
·         Dilihat dari segi waktu kejadian
a. Pasar harian yaitu pasar yang terjadi tiap hari
b. Pasar mingguan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih seminggu satu kali
c. Pasar bulanan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih sebulan satu kali
d. Pasar tahunan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih setahun sekali
Sumber:subroto,DJ dan Wahyuni Daru.2008.pengetahuan social ekonomi. Edisi 1. Jakarta:bumi aksara
3.      KONSEP KONSEP PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya
4.      PEMBAURANPEMASARAN
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni:
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
4. Promotion (promosi)
5. People (Orang)
6. Physical Evidence (Bukti Fisik)
7. Process (proses).
SUMBER:htt/id.wikipediaorg/wiki/pemasasran
5.      MANAGEMENT PEMASARAN
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran"
6.      TUJUAN SISTEM PEMASARAN
1.      Memaksimalkan konsumsi
2.      Memaksimalkan kepuasan konsumen
3.      Memaksimalkan kualitas hidup
7.      PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI PEMASARAN
Pemasaran tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Seba Fungsi Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil. Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Serba Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar