Sabtu, 27 Desember 2014

Tugas 3 - Menulis Laporan Ilmiah ( Bahasa Indonesia 2# )

MENULIS LAPORAN ILMIAH
A.    Pengertian Laporan Ilmiah
Sebelum kita menjelaskan pengertian laporan ilmiah, kita jelaskan terlebih dahulu pengertian dari laporan.
Laporan ialah suatu penyampaian berita, informasi, pengetahuan, atau gagasan dari seseorang kepada orang lain. Laporan dapat berbentuk lisan dan dapat berbentuk tulisan. Laporan yang disampaikan secara tertulis merupakan suatu karangan. Jika laporan ini berisi serangkaian hasil pemikiran yang diperoleh dari hasil penelitian, pengamatan ataupun peninjauan, maka laporan ini termasuk jenis karangan ilmiah.
Dengan kata lain, laporan ilmiah ialah sejenis karangan ilmiah yang disusun melalui tahapan berdasarkan data setelah penulis melakukan percobaan, peninjauan, pengamatan, atau membaca artikel ilmiah. dan menggunakan metode ilmiah yang sudah disepakati oleh para ilmuwan.
B.     Macam-macam Laporan
1)      Laporan Pengamatan (Observasi)
Adalah aktivitas yang dilakukan seseorang, yang menghasilkan sebuah tulisan yang berisi hasil pengamatan terhadap suatu objek berdasarkan pengetahuan dan gagasan yang sudah diketahui sebelumnya. Contoh : Pengamatan yang dilakukan seseorang terhadap lingkungan ditempat tinggalnya.
2)      Laporan Penelitian (Eksperimen)
Adalah aktifitas yang dilakukan seseorang yang menghasilkan sebuah tulisan yang berisi hasil penelitian terhadap suatu objek berdasarkan penelitian (ekperimen) yang dilakukan. Contoh : Seorang ilmuwan yang melakukan ekperimen terhadap beberapa jenis obat untuk melihat hasil apakah obat tersebut dapat dikonsumsi oleh masyarakat banyak.
·         Jenis-jenis Laporan Hasil Penelitian
a.       Laporan lengkap
b.      Catatan penelitian pendek untuk publikasi jurnal akademik
c.       Monografi atau working paper dimana yang diutamakan adalah pengutaraan interpretasi sementara
d.      Makalah atau artikel jurnal akademik
e.       Makalah atau artikel utnuk press release untuk menarik perhatian membaca secara lengkap dan
f.       Buku di mana pengorganisasinya disesuaikan dengan format buku

3)      Laporan Perjalanan
Adalah laporan yang berisi kegiatan seseorang dalam melakukan perjalanan berdasarkan pengamatan, pengalaman dan observasi langsung pada tempat yang dikunjungi. Contoh : Laporan yang dibuat berdasarkan perjalanan seseorang ketempat-tempat bersejarah di Indonesia.
4)      Laporan Wawancara
Adalah laporan yang dihasilkan oleh seseorang dengan melakukan tanya jawab antara dua pihak yaitu seseorang tersebut sebagai pewawancara dan narasumber sebagai orang yang memberikan jawaban atas pertanyaan pewawancara. Contoh : Pewawancara melakukan wawancara kepada calon presiden RI untuk mengetahui apakah visi dan misi untuk Negara Indonesia kedepannya.
·         Jenis-jenis wawancara
a.     Wawancara serta merta
Wawancara serta merta adalah wawancara yang dilakkan dalam situasi yang alamiah. Prosesnya terjadi seperti obrolan biasa tampa pertanyaan panduan.
b.    Wawancara dengan petunjuk umum
Wawancara dengan petunjuk umum adalah wawancara dengan berpedoman pada pokok-pokok atau kerangka permasalahan yang sudah dibuat terlebih dahulu.
c.     Wawancara berdasarkan pertanyaan yang sudah dibakukan. dalam hal ini pewawancara mengajukan pertanyaan berdasarkan daftar pertanyaan yang sudah disiapkan atau dibakukan.

5)      Laporan Rekomendasi
Laporan yang diserahkan guna menyediakan keterangan dasar atau pujian terhadap sesuatu guna pertimbangan dalam tindakan berikutnya. Misalnya, laporan tentang letak daerah atau lokasi pabrik atau gedung bioskop, dan nasihat cara menaikkan efisiensinya.
6)      Laporan Kemajuan
Laporan yang diserahkan guna menyediakan informasi tentang kemajuan suatu rencana usaha, seperti pembangunan bendungan dan proyek penelitian.

C.    Ciri-ciri Laporan
1)      Pembacanya seorang atau sekumpulan orang tertentu. Laporan dibuat atas permintaan atau perintah. Adakalanya laporan berbentuk buku dan ditujukan kepada pembaca umum. Jika ditujukan kepada umum biasanya laporan berbentuk pamflet atau selebaran.
2)      Bentuk laporan yang disajikan atas permintaan atau perintah. Berupa laporan panjang yang terdiri atas: halaman judul, surat penyerahan, daftar isi, pendahuluan, uraian pokok, dan sering juga lampiran. Laporan pendek biasanya terdiri atas judul pokok dan nomor-nomor, dengan perlengkapan seperti biasa dalam surat-menyurat formal.
3)      Laporan itu bersifat sangat objektif, maksudnya terutama untuk menyajikan fakta. Jika ditarik kesimpulan, kesimpulan itu berupa induksi berdasar atas bukti spesifik. Jika dibuat suatu pujian atau rekomendasi, pendapat pribadi atau prasangka harus dihindari jauh-jauh. Bila data laporan itu tak cukup atau bertentangan satu dengan lainnya, pembaca dipersilakan untuk menyadari bahwa konklusi dan rekomendasi yang disajikan bersifat tentatif.
4)      Bahasa dan nadanya formal. Kata ganti orang harus dihindari. Titik berat dan tekanannya tidak berdasarkan pendapat penyaji data atau “Asal Bapak Senang” yaitu agar pembaca terpenuhi seleranya. Seperti dalam karya tulis ilmiah, dalam laporan harus tidak ada ungkapan pergaulan, bahasa kasar atau makian, atau susunan kata dan ungkapan yang ceroboh.
5)      Judul, subjudul, dan sub-sub judul, disusun dan diatur dengan perencanaan yang mantik. Dalam Kamus Bahasa Indonesia, mantik diartikan dengan (1) cara berpikir yang hanya mendasarkan pikiran belaka; (2) perkataan yang benar. Laporan yang disajikan dengan baik dapat digunakan sebagai acuan.
D.    Persyaratan Bagi Pembuat Laporan
1)      Laporan yang dihasilkan berdasarkan hasil penelitian
2)      Pembahasan laporan yang dikemukakan harus obyektif sesuai realita/fakta
3)      Tulisan harus lengkap dan jelas sesuai dengan kaidah bahasa, Pedoman Umum
4)      Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD), serta Pedoman Umum Pembentukan Istilah (PUPI)
5)      Tulisan disusun dengan metode tertentu dan menurut sistem tertentu
6)      Bahasanya harus lengkap, terperinci, teratur, ringkas, tepat, dan cermat sehingga tidak terbuka kemungkinan adanya ambiguitas, ketaksaan, maupun kerancuan.

Sumber :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar