Sabtu, 25 Juni 2016

Essay

Motivasi Kerja Mahasiswa Jurusan Akuntansi Setelah Mempelajari Bidang-Bidang Akuntansi
Akuntansi merupakan salah satu jurusan di fakultas ekonomi yang banyak diminati oleh mahasiswa saat ini. Mahasiswa memilih jurusan akuntansi termotivasi oleh anggapan bahwa akuntan di masa mendatang lebih dibutuhkan oleh banyak organisasi dan perusahaan, khususnya di Indonesia. Selain itu, mengapa mahasiswa memilih program studi akuntansi, misalnya prospek kerja yang menjanjikan di masa yang akan datang, peningkatan ekonomi, penghargaan dari masyarakat, dan lain-lain. Banyaknya minat mahasiswa di bidang akuntansi membuat beberapa Perguruan Tinggi Negeri dan Perguruan Tinggi Swasta menyelenggarakan Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) dan sekaligus membuka kesempatan bagi lulusan program Strata Satu Akuntansi untuk memperoleh gelar Akuntan yang profesional. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) adalah pendidikan tambahan pada pendidikan tinggi setelah program sarjana Ilmu Ekonomi dalam program studi Akuntansi. Surat Keputusan (SK) Mendiknas No. 179/U/2001 menyatakan bahwa lulusan sarjana strata satu (S1) jurusan akuntansi berkesempatan menempuh Pendidkan Profesi Akuntansi di Perguruan Tinggi yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) di selenggarakan di perguruan tinggi sesuai dengan persyaratan, tatacara dan kurikulum yang diatur oleh Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian di bidang akuntansi dan memberikan kompetensi keprofesiannya. Mereka yang telah menempuh Pendidikan Profesi Akuntansi nantinya akan berhak memperoleh sebutan profesi Akuntan (Ak) dan juga semakin berpeluang meniti karir sebagai auditor pemerintahan, auditor internal, akuntan sektor publik, akuntan manajemen, akuntan pendidik, akuntan perpajakan, akuntan keuangan, maupun akuntan sistem informasi.
Referensi:
-          Elia Abdillah. 2011. “Pengaruh Motivasi Kualitas dan Motivasi Karir Terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) (Studi Empiris Pada: PTN dan PTS Penyelenggara Pendidikan Profesi Akuntansi (PPA) Se-Kota Semaraang)”. Universitas Negeri Semarang.
-          Istina Findi Dewi dan Yulita Setiawanta. “Pengaruh Persepsi dan Motivasi Mahasiswa Jurusan Akuntansi yang sedang Mengambil Skripsi Terhadap Peminatan Karir dalam Bidang Perpajakan”. Universitas Dian Nuswantoro.
-          Indra Rahardian. 2008. “Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Mengikuti PPAk”. Universitas Katolik Soegikapranata.
Tulisan Ini Adalah Salah Satu Bentuk Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Softskill Akuntansi Internasional
Nama               : S. Sepriani
Dosen Matkul : Jessica B., SE., MMSi

UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar