Pemasaran
1. Pengertian Pasar dan Pemasaran
·
Pengertian pasar adalah tempat bertemunya penjual dan
pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam
bidang pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar
melainkan dapat terjadi dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
· Pengertian
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk
memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan
kebutuhan dan keinginan manusia Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan
manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.
Sumber:htt://id.pikiwedia.org/wiki/pemasaran
Sumber:htt://id.pikiwedia.org/wiki/pemasaran
2. JENIS JENIS PASAR
·
Dilihat
dari segi fisik pasar dapat digolonkan yaitu:
a. Pasar nyata yaitu merupakan pasar yang pembeli dan
penjualnya bertemu secara pada suatu tempat tertentu
b. Pasar abstrak yaitu pasar yang tidak harus bertemu di
suatu tenpat seperti pasar nyata. Tetapi dapat bertemu ditempat yang sudah di
sepakati
·
Dilihat
dari segi barang yang di jual belikan
a. Pasar barang konsumen yaitu barang yang dapat lang
sung di gunakan memenuhi kebutuhan manusia.
b. Pasar faktor produksi yaitu pasar yang memperjual
belikan barang yang mempermudah untuk kelancaran produksi contohnya pasar
tenaga kerja
·
Dilihat
dari segi luas kegiatan distribusi
a. Pasar local yaitu pasar yang pemasaranya terbatas
hanya di daerah tersebut,maka penjual dan pembeli terbatas pada orang orang
tersebut.contohnya pasar geplak di daerah bantul.
b. Pasar nasional yaitu passer yang pemasarannya meliputi
sluruh daerah dalam suatu Negara.
c. Pasar internasional yaitu pasar yang jangkauanya
melebihi satu negara
·
Dilihat
dari segi waktu kejadian
a. Pasar harian yaitu pasar yang terjadi tiap hari
b. Pasar mingguan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih
seminggu satu kali
c. Pasar bulanan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih
sebulan satu kali
d. Pasar tahunan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih
setahun sekali
Sumber:subroto,DJ dan Wahyuni Daru.2008.pengetahuan
social ekonomi. Edisi 1. Jakarta:bumi aksara
3. KONSEP KONSEP PEMASARAN
Konsep-konsep inti pemasaran
meluputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan
kepuasan; pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah
suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya
4. PEMBAURANPEMASARAN
Bauran pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran
yang terdiri dari 4P yakni:
1. Product (produk)
2. Price (harga)
3. Place (tempat, termasuk juga distribusi)
4. Promotion (promosi)
5. People (Orang)
6. Physical Evidence (Bukti Fisik)
7. Process (proses).
SUMBER:htt/id.wikipediaorg/wiki/pemasasran
5. MANAGEMENT
PEMASARAN
Manajemen Pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang bertujuan menimbulkan
pertukaran dengan pasar yang dituju dengan maksud untuk mencapai tujuan
perusahaan (Kotler, 1980).
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran"
Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya. Cara dan falsafah baru ini disebut "Konsep Pemasaran"
6.
TUJUAN SISTEM
PEMASARAN
1. Memaksimalkan
konsumsi
2. Memaksimalkan
kepuasan konsumen
3. Memaksimalkan
kualitas hidup
7. PENDEKATAN DALAM MEMPELAJARI
PEMASARAN
Pemasaran tujuan system pemasaran, memaksimumkan Mutu
Hidup termasuk didalamnya kualitas, kuantitas, ketersediaan, dan harga pokok
barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu lingkungan kultur pendekatan dalam
mempelajari pemasaran, pendekatan Seba Fungsi Dari apa saja kegiatan pokok
pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan, penjualan, penyimpanan,
pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan grading, pengumpulan
informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari lembaga atau organisasi
yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen, suplier, perantara dagang dsb
Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi Industri) Studi tentang
bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri
Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang
diambil. Pemasaran pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Serba
Sistem Menyangkut elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk
pendekatan serba fungsi, manajemen, produk, dan lembaga
Tidak ada komentar:
Posting Komentar